Bupati Konawe Utara Himbau Tutup PT Naga Bumi Nusantara

Written by platmerah. Posted in Berita Nusantara

image002

Published on August 28, 2013 with No Comments

bupati konutPlatmerahonline.com | Konawe Utara, Sultra - Sebagaimana pemberitaan yang dilansir Plat Merah sebelumnya bahwa PT. NABUSA disinyalir telah melakukan pelanggaran dengan melakukan aktivitas penambangan di areal PT Masempo Dalle diluar areal yang ditetapkan oleh pemilik IUP. Disamping itu, PT Naga Bumi Nusantara (PT. NABUSA) telah menjamah areal hutan produksi sekitar 10 hektar.

Menyikapi pmberitaan tersebut, Plat Merah melakukan konfirmasi kepada Dinas Kehutanan Konawe Utara, Amirudin Samid di ruang tunggu kantor Bupati. Ia mengakui telah menyikapi persoalan tersebut. ”Kami membenarkan bahwa PT NABUSA telah melakukan penambangan liar dan tidak pernah memberikan izin kepada PT Naga Bumi Nusantara untuk melakukan penambangan di areal hutan produksi” ujar Kadis Kehutanan ini.

Menurut Amirudin, selama ini PT NABUSA telah melanggar illegal mining, UU Pertambangan. ”Hal ini telah dilaporkan ke Polda Sultra tembusan KPK. Akan tetapi,s ejauh ini belum disikapi secara pasti,” katanya.

Sementara itu di Ruangan Bupati Konawe Utara, Aswad Sulaiman saat dikonfirmasi terkait berita yang di lansir Bahwa PT NABUSA disinyalir lakukan penambangan liar di Kabupaten Konawe Utara mengatakan menghimbau untuk segera menutup PT. NABUSA jika memang telah melakukan penambangan liar.”Jika memang terbukti dan harus diusut oleh POLDA SULTRA” kata Bupati, Senin, (26/08).

Di tempat terpisah, terkait persolan PT NABUSA, Ketua LSM Barisan Pemuda Merah Putih-SULTRA (SAMUDRAH-SULTRA), Alamsah SH mengecam keras Pemkab Konut, “Pada persoalan ini, sangat jelas Pemkab Konawe Utara telah lalai, dan Pemerintah Konawe Utara jangan main-main dengan persoalan ini, karena ini bicara tentang kerugian Negara. “Tegasnya. (TIM PM)

Artikel Lainnya

Berikan Komentar Anda:

Leave a Comment