DETEKSI DINI, POLRES INHU HADAPI AKSI WARGA DENGAN SANTUN

Written by platmerah. Posted in Berita Nusantara

antis2

Published on April 29, 2013 with No Comments

Platmerahonline.com | INHU, Riau

antis3Setelah sebelumnya warga Desa Jati Rejo dan warga Desa Sungai Air Putih menduduki lahan eks HGU PT Tunggal Perkasa Plantations (PT TPP), selanjutnya Polres Indragiri Hulu (Inhu), menerima informasi tentang adanya aksi Unjuk Rasa (Unras) yang dikabarkan serentak dilakukan oleh warga Kelurahan Tanah Merah, Kembang Harum, dan Sekar Mawar, terkait berakhirnya izin Hak Guna Usaha (HGU) PT TPP belum terbukti.

antis8Kapolres Inhu AKBP Aris Prasetyo Indaryanto, saat ditemui Plat Merah, Senin (29/04) di Mapolsek Pasir penyu, melalui AKP Dwi Kormal Kasat Sabara, didampingi Ipda Yarmen Djambak Kasi Humas, dan AKP Masrial Kasat Bimas, mengatakan, “Kehadiran 165 personel kepolisian yang terdiri dari Polres Inhu, Polsek Pasir penyu, Polsek Lirik, Polsek Batang Gansal, Polsek Batang Cenaku, dan Polsek Seberida, hanya untuk melakukan pengamanan saja,”ucapnya.

antis1Dikatakannya, sebanyak 4 titik yang akan di amankan, terkait aksi Unras ini, yakni Desa Jati Rejo, titik simpang SB perkebunan PT Tunggal Perkasa Plantations (PT TPP), simpang Devisi, simpang PLTG Tanah Merah, dan Menara PT TPP, atau dilokasi yang dianggap tempat berkumpulnya Warga untuk melakukan aksi tersebut.
Disebutkan Dwi Kormal, “Pengerahan 165 personel ini adalah, upaya ‘deteksi Dini’ untuk mencegah segala kemungkinan yang bisa saja terjadi. Memang informasi ini belum jelas kebenarannya, namun demikian, antisipasi terhadap segala tindakan yang tidak kita inginkan bersama merupakan hal yang sangat penting,” sebutnya.

antis7Ditambahkannya, kehadiran pihak kepolisian bukan untuk berpihak kepada perusahaan, maupun masyarakat (Massa).
“Siapapun yang melakukan pelanggaran hukum, akan kami tindak secara hukum. Rencana aksi warga ini memang belum ada pemberitahuan ke-Polres Inhu. Silahkan bila warga ingin meyampaikan pendapatnya di muka umum, atau mengumpulkan banyak orang untuk melakukan aksi Unras. Namun, sampaikanlah secara santun dan terpuji, sebagaimana pesan bapak Kapolres Inhu, saat menerima perwakilan beberapa warga Jati Rejo dan Sungai Air Putih, beberapa hari kemarin, “jelas Dwi Kormal, perwira menegah dan penyabar ini, kepada wartawan.

antis6Sementara itu, dari pantauan Plat Merah, tidak ada gelombang warga dari Kelurahan Tanah Merah, Kembang Harum, dan Sekar Mawar, yang menduduki lahan eks PT TPP. Hanya saja terpantau beberapa jumlah warga yang berkumpul secara berkelompok kelompok kecil di wilayah Kembang Harum dan Sekar Mawar.

Salah seorang kelompok pemuda yang enggan disebut jati dirinya, saat ditemui wartawan di depan bengkel Dinamo Pane dirinya menyesalkan sikap dan tindakan Pemkab Inhu yang dia nilai Banci. “Masak Bupati kita dilecehkan oleh PT TPP tak bisa berbuat apa-apa dan hanya dibalas dengan cuap-cuap dikoran? Bagaimana surat yang sudah diperbuat Sekda Inhu pada point ke-3 itu, kenapa tidak segera dilakukan dengan tindakan nyata?” sindir, pria berkulit hitam manis ini.

antis4Hingga berita ini diturunkan, aksi warga Desa Jati Rejo dan Sungai Air Putih menduduki lahan eks PT TPP masih berlanjut dengan pengawalan Kepolisian, dan dilokasi terlihat tumpukan buah sawit yang diamankan warga beberapa hari lalu, mulai kelihatan membusuk.

antis5Berkaitan dengan unjuk rasa tersebut, Muslihin, warga Jati Rejo mengungkapkan, “Alhamdulilah bapak-bapak Polisi yang mengawal aksi kami ini, baik dan sopan-sopan. Mereka sangat santun bila bertutur kata dengan warga, sehingga warga merasa aman dan nyaman.
Kami sudah membaca imbauan bapak Kapolres Inhu di Media PlatMerahonline, beliau mengimbau agar aksi warga tidak anarkis, dan dilakukan dengan cara-cara santun serta terpuji.
Imbauan pak Kapolres, sangat berarti buat warga disini, dan segera kami patuhi. Namun untuk meninggalkan lokasi ini, tidak akan kami lakukan, sampai ada kejelasan sesuai dengan apa yang menjadi tuntutan kami,”tegasnya. (BUDI DARMA).

Editor : Luky iskandar

Artikel Lainnya

Berikan Komentar Anda:

Leave a Comment