HADAPI BELANDA TIMNAS HANYA LATIHAN 3 HARI

Written by platmerah. Posted in Sport

timnas belanda

Published on May 23, 2013 with No Comments

Platmerahonline.com - Seputar Timnas – Badan Tim Nasional (BTN) akhirnya memastikan jadwal pemusatan latihan tim nasional untuk menghadapi Belanda pada 7 Juni mendatang. Kesepakatan itu tercapai setelah BTN, PT Liga Indonesia selaku operator kompetisi Liga Super, manajemen Persipura Jayapura, dan pelatih Jacksen Ferreira Tiago bertemu di Surabaya, Jawa Timur, pada Senin kemarin.

Secara resmi, semua pemain akan berkumpul di Jakarta pada 3 Juni. Namun, untuk pemain asal Persipura dan Persija yang dipanggil ke timnas, diberi kompensasi untuk bisa bergabung keesokannya. Kedua tim tersebut memang masih harus berhadapan pada 4 Juni di kandang Persija Jakarta.

“Kami memang ingin memberi waktu kepada Persipura untuk menyelesaikan pertandingannya di kompetisi. Itu sudah kesepakatan kami dalam pertemuan kemarin,” kata Ketua BTN La Nyalla Mattalitti, kepada Tempo, Rabu, 22 Mei 2013.

Kata La Nyalla lagi, jadwal pelatnas itu pun sudah dikomunikasikan BTN kepada semua klub Liga Super melalui PT Liga Indonesia. “Silahkan saja tanya Joko Driyono (Ketua PT Liga Indonesia). Ia ada saat pertemuan di Surabaya,” kata La Nyalla.

Ketua PT Liga Indonesia, Joko Driyono, pun membenarkan pernyataan La Nyalla tersebut.

“Jadi, mereka (pemain asal Persipura dan Persija) baru akan bergabung pada malam hari setelah pertandingan kompetisi. Latihan efektif kemungkinan baru akan berlangsung pada 5-6 Juni,” kata Joko Driyono.

Joko menepis opini yang menyebut masa persiapan itu tergolong pendek. Terlebih, timnas akan menghadapi Belanda yang notabene memiliki kualitas jauh di atas tim Merah-Putih. “Pemusatan latihan setahun pun sama saja. Lagipula, Belanda baru datang ke Jakarta pada 5 Juni, kok,” kata Joko lagi.

Adapun pelatih Jacksen Tiago masih bungkam soal rencana pemusatan latihan timnas. Termasuk soal kerangka pemain yang akan dipanggil, apakah hanya terdiri dari pemain Liga Super atau juga memanggil pemain asal kompetisi Liga Prima. “Ada waktunya nanti saya berbicara sebagai pelatih timnas. Saat ini saya masih sebagai pelatih Persipura. Masih ada dua atau tiga pertandingan sisa sebelum saya menjadi pelatih timnas,” kata Jacksen berkelit.

“Saya masih fokus dulu dengan Persipura. Jadi, biar BTN yang mengumumkan itu (nama-nama pemain untuk melawan Belanda),” Jacksen menambahkan.

Ketika dikonfirmasi soal pemanggilan pemain ke BTN, uniknya La Nyalla justru kembali “melempar” kepada Jacksen.

“Urusan teknis itu ada di pelatih. Silahkan tanya Jacksen. Tapi kan sudah ada aturannya, kemungkinan kami panggil 21 atau 23 pemain,” kata La Nyalla.

Indonesia akan menghadapi Belanda pada 7 Juni mendatang di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Pertemuan tersebut adalah pertama kali sepanjang sejarah partai resmi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Menurut promotor pertandingan, Belanda dipastikan membawa sedikitnya enam pemain inti ketika dijamu Indonesia, seperti Robin van Persie, Arjen Robben, Klaas Jan Huntelaar, atau Wesley Sneijder.

Secara peringkat, Indonesia dan Belanda pun berselisih jauh. Belanda termasuk tim papan atas dunia dan menjadi runner-up Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Sedangkan Indonesia berada di posisi ke-170 dunia.[PM/Marsel]*

Artikel Lainnya

Berikan Komentar Anda:

Leave a Comment