Ketua KPU Jabar : Debat Kandidat Pilgub Jabar Paling Enak Ditonton

Written by ambukha. Posted in Pilkada

pic2

Published on February 10, 2013 with No Comments

platmerahonlinee.com-TAK ADA debat kandidat kepala daerah di televisi semenarik yang ditayang langsung di Metro TV Jumat (8/2) malam, mulai pukul 19.00 sampai 21.00. Wajah 10 calon atau 5 pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang ditampilkan host Fessy Alwi dan Indra Maulana pada kemarin malam itu terlihat cerah. Sedikitpun tak tampak ada rasa tegang tampil di televisi untuk on air selama 2 jam.

Mungkin karena kehadiran mereka di studio Metro TV Jl. Pilar Mas Raya Kedoya Jakarta –bersama pasukan pendukung masing-masing—begitu relaks, dengan niat ingin menunjukkan kepada pemirsa bahwa mereka adalah calon-calon yang sudah mumpuni untuk memimpin,sudah sedemikian rupa menyiapkan materi pertanyaan dan jawaban yang intelek dan elegant, tetapi diniatkan menghindari silang pendapat yang kontraproduktif, akhirnya Debat Kandidat semalam betul-betul yang paling enak ditonton dan sebagai tontonan sangat menarik.

Nyaris tidak ada “serangan” pertanyaan satu pasangan calon yang tidak terjawab dengan lugas oleh pasangan calon lainnya. Padahal, pertanyaan-pertanyaan termasuk siapa yang bertanya dan siapa menjawab yang disiapkan host secara adil berdasarkan pilihan calon yang bersangkutan, terbilang sulit dan njelimet bagi orang yang kurang wawasan di bidang pemerintahan.

Benar kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat, Yayat Hidayat, dalam pidatonya menjelang Debat Kandidat, bahwa 5 pasangan calon yaitu Dikdik Muliana Arief Mansur – Cecep Nana Suryana Toyib, Irianto Mahfudz Sidik Syafiuddin (Yance) – Tatang Farhanul Hakim, Dede Yusuf Macan Effendi – Lex Laksamana Zaenal Lan, Ahmad Heryawan – Deddy Mizwar, Rieke Diah Pitaloka – Teten Masduki, merupakan orang-orang terpilih dari 49,1 juta warga Jawa Barat.

“Lima pasangan calon inilah yang akan mewujudkan mimpi rakyat Jawa Barat menuju masa depan yang lebih baik,” ucap Yayat. Terbukti, pertanyaan seputar peningkatan sumberdaya manusia (SDM) masyarakat dan aparatur pemerintah, pendidikan dan layanan kesehatan, pembangunan jaringan irigasi, penyediaan sarana prasarana jalan dan pengembangan transportasi laut dan udara, pengembangan agrobisnis, upaya meningkatkan pendapatan dan daya beli, pemberantasan korupsi dan kolusi yang menyebabkan biaya tinggi , rata-rata bisa dijawab dengan ringkas dan lugas oleh calon.

Memang ada calon populis yang ikut pencalonan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub) 2013 yang bukan dari birokrat atau politisi, tetapi berangkat dari kalangan seniman, yaitu cagub Deddy Mizwar. Ia relatif tidak bisa menjawab pertanyaan lawan menyangkut angka dari database statistik. Berhubung ia adalah aktor film sama halnya dengan 2 calon lawannya, Rieke Diah Pitaloka dan Dede Yusuf, maka tiap pertanyaan dijawabnya dengan gaya sebagai intertain.

Gelak tawa, saling canda, tepuk tangan calon atas jawaban yang pintar dari lawan, mewarnai forum Debat Kandidat yang sudah diagendakan KPU Jabar sejak 7 bulan lalu itu. Suasana akrab penuh persahabatan, kesantunan, kematangan dan kedewasaan berpolitik semua calon, menjadikan Debat Kandidat di Metro TV pada hari ke-2 masa kampanye ini jauh dari sebutan sebagai ajang berdebat. Di situ tidak ada saling bersilang pendapat untuk menjatuh lawan.

Kecemasan berbagai pihak akan saling buka-bukaan dan saling serang kelemahan individu calon berikut partai politik pengusung dan parpol koalisinya, samasekali tidak terbukti. Yang ada justru keriangan pasukanpendukung semua pasangan calon dengan yel-yelnya yang memeriahkan suasana, dan para calon yang saling berangkulan di tengah acara dan seusainya.

Kepuasan seusai menyaksikan langsung di Studio Metro TV tersirat pula pada wajah Yayat Hidayat beserta rekan komisioner lainnya, Teten Setiawan, Iin Endah Setiawati dan Ferdhiman, Sekretaris KPU Jabar Heri Suherman, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Jawa Barat Ihat Subihat dan komisioner Dadan Firdaus. Betapa tidak, Debat Kandidat ini sangat sesuai harapan mereka dan pastinya akan diteladani oleh peserta Pilgub di provinsi lain di tanah air. (MC/KPUJBR)

Artikel Lainnya

Berikan Komentar Anda:

Leave a Comment