KORUPTOR BOLEH DIHUKUM MATI

Written by platmerah. Posted in Editorial, Hukum & Kriminal, Nasional | Internasional

mahfud md

Published on June 06, 2013 with No Comments

koruptorPlatmerahonline.com - Vonis yang telah diberikan terhadap para pelaku korupsi dinilai masih memprihatinkan dan belum dapat memberi efek jera. Hal ini terjadi, karena vonis yang dijatuhkan pada koruptor tidak sebanding dengan dampak kejahatan yang ditimbulkan.

Terkait hal tersebut, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD merasa gerah. Dia justru mempertanyakan kenapa koruptor tidak divonis mati saja. “Korupsi juga boleh dihukum mati,” ujar Mahfud MD, Senin (3/6).

Dikatakannya, terdapat empat kejahatan yang dibolehkan dijatuhi vonis mati. “Keempat kejahatan itu adalah pembunuhan berencana, narkoba, terorisme, dan korupsi,” terang dia.

Namun demikian, Mahfud menambahkan, meskipun hukuman mati itu sah, belum ada satupun koruptor dihukum mati. Padahal kasus-kasus korupsi Alquran, Wisma Atlet, Hambalang, dan lainnya dinilai Mahfud sudah sangat merugikan negara.
“Dihukum seumur hidup saja belum ada,” kata dia.

Fatwa NU
Sebelumnya, Musyawarah Nasional Alim Ulama Nahdlatul Ulama (Munas NU) yang berlangsung di Palimanan Cirebon, (18/9/2012) lalu, telah menyetujui diberlakukannya hukuman mati bagi para koruptor. Saat itu, menurut Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj, Koruptor ada dua macam, yakni Koruptor yang merugikan negara dan membangkrutkan negara.
“Koruptor yang merugikan bisa dihukum sesuai kejahatannya. Namun yang membangkrutkan negara hingga triliunan rupiah hendaknya dihukum mati,” kata Said Aqil.

*Sumber

Artikel Lainnya

Berikan Komentar Anda:

Leave a Comment