KPU KOTA BANDUNG TETAPKAN 8 PASANGAN CALON WALIKOTA

Written by platmerah. Posted in Berita Nusantara, Kabar Jabar, Pilkada

0805cawalkot

Published on May 09, 2013 with No Comments

kpu_kota_bandung_3platmerahonline.com | BANDUNG, Jawa Barat
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung memutuskan dan menetapkan delapan pasangan bakal calon yang telah mengikuti tahapan pencalonan sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung. Penetapan dilakukan dalam rapat pleno tertutup di Aula KPU Kota Bandung, Selasa (7/5). Kedelapan pasangan calon tersebut meliputi empat pasangan dari jalur independen, yakni Wawan Dewanta-H.M. Sayogo, Wahyudin Karnadinata-Toni Aprilani, Budi Setiawan-Rizal Firdaus, Bambang Setiadi-Alex Tahsin Ibrahim dan empat pasangan dari jalur parpol/gabungan parpol, yaitu Edi Siswadi-Erwan Setiawan (Demokrat, PPP, Hanura, PKB, PBB, PKPI, PPRN), M.Q. Iswara-Asep Dedy Ruyadi (Golkar dan 16 parpol nonparlemen), Ayi Vivananda-Nani Suryani (PDIP, PAN), dan M. Ridwan Kamil-Oded M. Danial (PKS, Gerindra).

Menurut Ketua KPU Kota Bandung, Apipudin, S.Si., kedelapan pasangan telah memenuhi persyaratan dalam tahapan pencalonan sesuai peraturan yang telah ditetapkan. Persyaratan-persyaratan tersebut meliputi berkas pencalonan, baik perorangan dan lembaga serta kesehatan jasmani dan rohani.
“Untuk berkas pencalonan, baik perorangan maupun lembaga sudah memenuhi persayaratan. Begitu pula dengan kesehatan jasmani dan rohani para bakal calon, sudah memenuhi persyaratan. Dengan demikian, kami memutuskan dan menetapkan delapan bakal calon ini menjadi calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, yang berhak mengikuti Pilwalkot Bandung 2013,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (7/5).

Sebelum penetapan ini, pihaknya terlebih dulu melakukan proses pendaftaran mulai tanggal 10-17 Maret dan terjaring delapan pasangan bakal calon. Kemudian KPU Kota Bandung melakukan penelitian berkas pada tanggal 18-24 Maret, dilanjutkan dengan perbaikan dokumen tanggal 1-14 April dan perbaikan dokumen serta verifikasi faktual pada 15-28 April.
“Dalam verifikasi faktual ini, kita melakukan penelitian dokumen individu balon dan kelembagaan. Penelitian tidak hanya dilakukan di Bandung saja, tapi juga ke luar Bandung sesuai dokumen yang dimiliki masing-masing balon,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya melakukan tes kesehatan kepada delapan pasangan balon ini yang digelar 22-24 Maret di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. “Hasilnya, semua balon dinyatakan mampu secara jasmani dan rohani untuk menjalankan tugas sebagai wali kota dan wakil wali kota,” katanya.

Sementara itu, mengenai empat pasangan dari jalur independen, lanjut Apipudin, semua telah memenuhi persyaratan berkas dukungan minimal yang diminta, yakni 80.678 dukungan. “Hal tersebut ditetapkan dalam pleno tanggal 14 April lalu, setelah sebelumnya dilakukan penambahan berkas dukungan,” terangnya.

Berdasarkan persyaratan-persyaratan yang sudah terpenuhi tersebut, KPU Kota Bandung memutuskan dan menetapkan delapan pasangan balon ini menjadi calon. “Jadi Pilwalkot Bandung 2013 akan diikuti delapan pasangan calon,” katanya. (T.JA/PM)

Artikel Lainnya

Berikan Komentar Anda:

Leave a Comment