PILKADA Polewali Mandar, Sulawesi Barat

Written by platmerah. Posted in Pilkada

8 balon a

Published on September 01, 2013 with No Comments

Baca: Hasil perhitungan sementara saat ini AIM Unggul ( Klik )
Platmerahonline.com | Polman, SULBAR – Tahun 2013 adalah tahun istimewa bagi rakyat Kabupaten Polewali Mandar provinsi Sulawesi Barat. Betapa tidak, karena tahun ini (Oktober) diberi kesempatan untuk memilih pemimpin baru setelah 10 tahun berada dalam otoritas seorang mantan camat, Drs.Andi Ali Baal Masdar, M.Si yang terpilih menjadi Bupati Polewali Mandar selama 2 periode (Periode pertama melalui kewenangan anggota DPRD dan periode kedua dipilih secara langsung melalui pilkada).

Setelah melalui proses panjang, para bakal calon Bupati dan Wakil Bupati melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan elektabilitas dalam bentuk sosialisasi dan memperkenalkan diri lewat visi misi yang mereka cantumkan di Baligho, kalender dan logistik lainnya. Akhirnya KPU Kabupaten Polewali Mandar menetapkan 8 pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupat Polewali mandar periode 2013-2018.

Hal ini berarti, tahapan kompetisi itu telah dimulai.Rakyat Polewali Mandar akan akan menjadi algojo bagi nasib para calon yang tentunya memberi banyak harapan sekaligus kecemasan yang pada tanggal 8 oktober 2013 nanti akan berakhir menjadi kegembiraan bagi pemenang pilkada dan sebaliknya akan menjadi kesedihan bagi calon yang gagal terpilih/kalah.

Dalam pantauan Platmerah, Pilkada 2013 yang akan dihelat di wilayah eks kewedanan afdeling Mandar ini dengan sendirinya akan menjadi Pilkada paling spektakuler dan berbiaya sangat banyak karena diikuti oleh 8 pasang calon. Hal ini sangat memungkinkan bagi para calon untuk melakukan kampanye mulai dari kampanye program, janji-janji manis sampai money politics. Belum lagi suasana demokratis yang begitu gegap gempita dan persaingan keras, bukan saja antar calon Bupati, tapi juga antar tim sikses dan rakyat kecil. Semua mengklaim diri dan jagoannya yang terbaik.

Berikut ini,plat merah menurunkan laporan para kandidat yang bertarung di pilkada Polewali Mandar berdasarkan nomor urut :

1. NAHARUDDIN – ABDI MANAF

Pasangan ini mengambil tagline NAHAR MENGABDI dengan mengusung visi MEWUJUDKAN Polewali mandar sebagai kawasan baru petumbuhan ekonomi terbaik di Sulbar. Nahar (demikian ia akrab disapa), dikenal sebagai Sekjen Komite Aksi Pembentukan Provinsi Sulawesi Barat yang selama 10 tahun total berjuang untuk mewujudkan sebuah provinsi yang bernama Sulawesi Barat. Komandan Barisan Pembela Sulbar yang bergelar I Pasu Tau taji Barani ini berlatar belakang seorang pengusaha properti yang sukses di makassar dan memulai karir politiknya pada tahun 2009 saat menjadi Calon Anggota DPRD Sulbar pada Pemilu 2009 dan berhasil memcah rekor untuk duduk sebagai salah satu anggota DPRD Sulbar dari dapil Polewali Mandar. Di PILKADA Polman ini, Nahar menggandeng Abdi Manaf yang juga tokoh masyarakat Mandar dan seorang Pengusaha Sukses.

2. MUJIRIN M.YAMIN – HASAN BADO
Mujirin yang berlatar belakang birokrat ini dikenal saat menjadi pelaksana tugas Bupati Polewali Mandar tahun 2008,dan memprakarsai Komite Aksi Pembentukan Kabupaten Balanipa(meski Balanipa gagal menjadi DOB ). Mujirin yang juga mantan dosen di Universitas Tadulako yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah provinsi Sulawesi Barat ini tampil menjadi salah satu kontestan menggandeng seorang pengusaha dan politisi dan tokoh agama, Hasan Bado, yang saat ini masih aktif sebagai anggota DPRD Sulbar dari Dapil Polewali Mandar yang kemudian dikenal dengan tagline JIHAD.

3. ANDI IBRAHIM MASDAR – M.NATSIR RAHMAT

Pasangan dengan nomor urut 3 ini menata diri dengan tagline AIM Benar ! ini adalah adik kandung Bupati Polewali Mandar,ketua DPD Partai Golkar Kab. Polewali Mandar serta anggota DPRD Sulbar. Calon Bupati yang akrab dipanggil AIM ini mantap maju di Pilkada Polman dengan menggandeng seorang Birokrat ulung,M.Natsir Rahmat yang juga mantan Sekda Polewali Mandar.

4. NAJAMUDDIN IBRAHIM – ERFAN KAMIL

Najamuddin yang akrab dipanggil NAIB ini tak lain adalah Wakil Bupati Polewali Mandar yang kental di masyarakat Mandar dengan sebutan Puang Limboro. Naib menata diri lewat slogan The Next ini menggandeng ERFAN KAMIL, politisi muda dan anggota DPRD Sulbar yang pada Muscab Partai Demokrat tahun lalu berhasil ia menangkan menjadi pucuk pimpinan di partai besutan SBY ini. Pasangan ini diprediksi berbagai kalangan sebagai kandidat yang punya kekuatan ke tikohan karena dibelakang Erfan ada nama besar neneknya alm. HS .MENGGA, Bupati ke-3 Polewali Mandar( dulu Polmas) yang dijuluki Bapak Pembangunan Polewali Mandar dan nama besar bapaknya Mayjend TNI (Purn.) SALIM S.MENGGA yang saat ini juga masih aktif sebagai salah satu politisi yang mewakili rakyat Sulawesi Barat di DPR RI.

5. HIKMAN KATO HIDAR – NAJIB ABDULLAH MAJID

Pasangan yang mengambil tagline HIKMAN NAAM ini adalah perpaduan birokrat sejati. Hikman adalah putra daerah MANDAR yang menjadi Sekda di kabupaten Pohuwato provinsi Gorontalo. Sementara Najib Abdullah Majid, selain dari latar belakang birokrat juga punya nama besar ayahnya Abdullah Madjid yang tak lain adalah Bupati Polewali Mandar Pertama.

6. MUH.ASRI ANAS – CHUDURIAH
Tokoh muda yang saat ini aktif sebagai salah satu anggota DPD MPR RI ini mencoba turun level dengan slogan POLMAN BARU. Hal ini ia lakukan dengan semangat dan nawaitu untuk menciptakan sebuah perubahan dan sesuatu yang baru di Polewali Mandar. Politisi muda ini kemudian dengan tanpa ragu menggandeng seorang tokoh perempuan, HJ. Chuduriyah yang saat ini menjadi Rektor Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) yang memiliki mahasiswa ribuan jumlahnya. Chuduriyah ini juga putri Slaha, seorang tokoh agama yang digelari ANNANGGURU KH. SAHBUDDIN yang sekaligus adik dari rekan Asri Anas di DPD MPR RI, KH.Syibli Sahbuddin.

7. ANDI FADLI PATAJANGI – ABD.RAHMAN RAZAK

Andi Fadli Patajangi adalah seorang tokoh adat mandar yang sekaligus politisi mantan anggota DPRD Polewali Mandar ini mengambil bagian di Pilkada Polman dengan merapat ke Abd. Rahman Razak, seorang Tokoh Pendidik (Dosen dan Guru Besar) yang pada Pilkada Polewali MANDAR 2008 lalu terdaftar sebagai salah satu Calon Bupati Polewali Mandar tapi pada Pilkada tahun ini memilih menjadi wakil dari seorang Fadli Patajangi.

8. MUNARFA ATJO – ANDI BEBAS MANGGAZALI

Pasangan dengan tagline MABES ini adalah Birokrat ulung. Munarfa adalah kepala inspektorat provinsi Sulbar memilih menggandeng Andi Bebas Manggazali,seorang yang masih aktif sebagai camat di kecamatan Luyo kabupaten Polewali mandar.tak ada latar belakang politik dari poasangan ini, tapi maju sebagai bentuk dorongan moril untuk membuat perubahan di Polewali mandar.

“SELAMAT BERJUANG DAN JADILAH PEMIMPIN YANG MEMILIKI KEYAKINAN AGAMA DAN SENSE KERAKYATAN”

(HERNAWATI USMAN-MUHAMMAD MUNIR)

Artikel Lainnya

Berikan Komentar Anda:

Leave a Comment