SEJUMLAH NAMA BESAR AKAN RAMAIKAN PILKADA POLOWALI MANDAR

Written by platmerah. Posted in Berita Nusantara, Pilkada, Politik

pilkada-platmerah

Published on May 02, 2013 with No Comments

presentase-riskesdas-polewali-mandar-PLATMERAH

platmerahonline.com | Polman, SULTENG

Bagi kalangan tertentu, menjadi Bupati, Wakil Rakyat, Gubernur adalah merupakan sebuah kehormatan yang tak ternilai harganya. Sebab posisi ini adalah representasi dari kepentingan rakyat banyak, sehingga rakyat menempatkannya dalam posisi terhormat. Karenanya, tidaklah heran jika banyak orang yang siap berkompetisi untuk mendapatkan posisi tersebut.

Tahun 2013 dan 2014 adalah tahun istimewa dan bersejarah bagi rakyat Polewali Mandar.Betapa tidak, karena tahun ini (Oktober-red) akan diberi kesempatan untuk memilih pemimpin baru setelah 10 tahun berada dalam otoritas seorang mantan Camat Tapango yang terpilih jadi Bupati selama 2 periode (periode pertama dipilih lewat kewenangan anggota DPRD dan periode kedua dipilih secara langsung oleh rakyat). Begitupun tahun 2014 (April), rakyat juga akan memilih 40 orang wakilnya ke DPRD kabupaten, 17 orang ke DPRD provinsi, 3 orang ke DPR-RI dan 4 orang ke DPD MPR-RI.

Sepanjang tahun 2013 ini, para calon Bupati terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan elektabilitas dalam bentuk sosialisasi untuk mengkampanyekan diri. Mereka lalkukan lewat baligho, kalender, visi misi, tim dan media centre. Moment tersebut sangat memungkin juga dilakukan dari kampanye program, janji-janji manis sampai money politics. Suasana demokratis akan benar benar gegap gempita menjadi ajang persaingan keras, bukan saja antar calon Bupati, tapi juga antar tim dan rakyat kecil. Semua mengklain diri dan jangoannya yang terbaik.

Pilkada Bupati yang kali keduanya dihelat secara langsung telah menjadi trend demokrasi kita, demokrasi untuk orang terkenal, orang kuat, banyak uang dan tentu saja berbiaya sangat mahal. Kini, kompetisi itu akan dimulai. Rakyat akan menjadi algojo bagi nasib para calon yang akan memberikan banyak harapan dan juga kecemasan yang kemudian berakhir jadi kegembiraan bagi pemenang dan kesedihan bagi calon yang gagal/kalah.

Plat Merah, selama sepekan berada di wilayah eks afdeling Mandar yang sejak tahun 2004 menjadi provinsi Sulbar. Ada beberapa pasang Bakal Calon yang akan berkompetisi di Pilkada Polman, yaitu:

1. ANDI IBRAHIM MASDAR (AIM)

AIM adalah putra tokok Politik Polman (alm.HM. Masdar Pasmar), adik kandung dari bupati 2 periode, Andi Ali Baal Masdar. Saat ini, AIM masih aktif sebagai anggota DPRD Sulbar untuk periode keduanya. AIM yang juga ketua DPD GOLKAR Polewali Mandar ini memilih seorang birokrat menjadi pasangannya, yaitu M. Natsir Rahmat mantan Sekda di wilayah ini.

2. NAJAMUDDIN IBRAHIM (NAIB)

NAIB, saat ini menjabat Wakil Bupati, punya basis massa di kalangan masyarakat Limboro karena dirinya adalah Keluarga besar Puang Limboro. Terlebih setelah resmi berpasangan dengan Erfan Kamil, Anggota DPRD Sulbar sekaligus ketua DPC Partai Demokrat. Selain itu, Erfan mempunyai keunggulan komparatif karna Erfan juga cucu dari mantan Bupati Bapak Pembangunan Polman, HS. Mengga, anak dari tokoh besar Mayjen TNI (Purn.) Salim S. Mengga yang saat ini masih tercatat sebagai anggota DPR RI.

3.MUH. ASRI ANAS

Asri adalah tokoh muda yang pada pemilu 2009 lalu terpilih menjadi salah satu dari 4 anggota DPD MPR-RI Dapil Sulbar. Selain muda, Asri ini dikenal di kalangan pemuda dan Mahasiswa sebagai sosok yang cerdas dan berani. Dengan menggandeng Rektor Unasman, Chuduriah Sahbuddin, Putri Annangguru KH. Sahabuddin dan saudara KH. Syibly Sahabuddin, Anggota DPD MPR RI Dapil Sulbar.

4.MUJIRIN M.YAMIN

Mujirin adalah ketua komite Aksi Pembentukan pemekaran Kabupaten Balanipa (KAPP-Balanipa) yang sempat jadi pejabat Bupati pada 2008 lalu. Saat ini, Mujirin menjabat sebagai kepala Dinas pendapatan Daerah Provensi Sulawesi Barat. Untuk pilkada ini, Mujirin mengantongi rekomendasi dari PPP dan menggandeng Hasan Bado seorang tokoh politik dari PKB, Hasan Bado saat ini anggota DPRD Sulbar.

5. NAHARUDDIN

Naharuddin atau biasa dipangil Nahar adalah tokoh muda yang sukses sebagai pengusaha Properti di Makassar dan pada pembentukan Provinsi Sulawesi Barat dipercaya menjadi Sekjend KAPP SULBAR. Dalam barisan pemuda pejuang pembentukan Provinsi Sulawesi Barat, Nahar merupakan Komando Barisan LASKAR TAJI BARANI yang dikenal Vokal dan berani. Berbekal eksponen Pemuda pejuang Sulbar 1994-2004 yang terus ia bina, maka tahun 2009 lalu Nahar berhasil lolos menjadi anggota DPRD Sulbar dan kemudian dipercayai menjadi ketua Pansus RTRW Sulbar.
Saat ini Nahar belum mengumumkan pasangannya karna beberapa pertimbangan dan akan diumumkan pada deklarasi nanti.demikian ketua Partai Barnas ini menjelaskan pada plat merah saat dikonfirmasi.

6 HIKMAN KATO HIDAR

Hilman saat ini aktif sebagai Sekda di salah satu wilayah kabupaten di gorontalo, memilih berkompetisi lewat jalur independen dengan menggadeng Najib Abdullah Najib, salah satu putra mantan Bupati ke-2 Polewali Mandar (dulu polewali mamasa).

7.MAINUNIS AMIN

Mainunis adalah salah seorang tokoh pemuda yang menata diri lewat Resisst community dan aktif menulis,mengajar dan aksi demo tentang kebijakan yang kurang pro rakyat. Di kalangan aktivis mahasiswa, Mainunis bukan orang asing, karna selain dosen ia kerap kali memimpin demönstrasi. Alumni Teheran, Iran ini juga aktif sebagai pemateri/Narasumber dalam setiap seminar politik, pemerintahan, ekonomi, budaya,a gama dan madzhab.
Mainunis maju di Pilbup dengan menggandeng Andi Saztrawati A. Massalisi, tokoh perempuan dari Binuang.

Selain tujuh orang Bacalon diatas, Plat Merah juga mencatat beberapa nama yang juga aktif pasang baligho dan bersosialisasi, seperti Suhardi Kamaluein, Munarfa Atjo, Zainal abidin, dan Efendi S. Singkarru. Yang pasti, bahwa masyarakat Polewali Mandar menginginkan seorang pemimpin yang mampu membuat perubahan dan mau menjadi bagian dari solusi yang dinginkan oleh rakyat. Siapapun itu. Demikian harapan beberap masyarakat yang sempat interview dengan platmerah.
(Hernawati Usman/PM)

Artikel Lainnya

Berikan Komentar Anda:

Leave a Comment