Stadion Utama Gedebage Kota Bandung Atau Stadion Bandung Lautan Api

Written by ambukha. Posted in Kabar Jabar

sus

Published on February 01, 2013 with No Comments

Platmerahonline.com | Bandung -

Prof Nina Herlina Lubis Ketua tim kajian naskah akademis Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage hanya merekomendasikan dua nama untuk memberi nama stadion bertaraf internasional yang berlokasi di Kecamatan Gedebage.

“Setelah mengkaji berbagai aspek hanya ada dua nama yang memenuhi kriteria yaitu stadion utama Gedebage Kota Bandung dan stadion Bandung Lautan Api,” ujar Nina Lubis seusai menyampaikan hasil kajian ke anggota DPRD Kota Bandung, Kamis (17/1).

Ia mengatakan, penamaan kedua nama tersebut telah melewati berbagai tahapan dan seleksi ketat

Menurut Nina, awalnya tim mengkaji 40-nama dari berbagai referensi seperti usulan yang masuk ke DPRD Kota Bandung, media massa, facebook, twitter, dan lainnya. Hasil seleksi dari 40 nama mengerucut menjadi 23 nama dan kemudian ditilik dari berbagai aspek dan mengacu pada 8 kriteria, akhirnya ada 2 nama tadi.

Nama BLA, menurut Nina, telah memenuhi kriteria yakni merupakan peristiwa bersejarah dan mencerminkan pengorbanan Kota Bandung. Nina berharap nama Bandung Lautan Api akan membakar semangat olahraga dan meningkatkan prestasi. Peristiwa Bandung Lautan Api patut dikenang karena bisa mengingatkan kembali soal sulitnya mempertahankan kemerdekaan RI.

Sementara untuk nama Gelora Gedebage Kota Bandung, kata Nina, sengaja mendapat penambahan Kota Bandung sebagai identitas kewilayahan. Nama tersebut memiliki keterkaitan dengan masyarakat setempat.

Gede itu berarti besar, bage itu bahagia. Jadi Gedebage netral tidak menyangkut nama orang,” ujar Nina.[yudi]

Artikel Lainnya

Berikan Komentar Anda:

Leave a Comment