TIM SELEKSI BUKA PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPU TOLITOLI

Written by platmerah. Posted in Berita Nusantara, Politik

PLATMERAH-tiyok-kpu-pilkada

Published on May 29, 2013 with No Comments

Platmerhonline.com | Tolitoli, SULTENG
KPU-PLATMERAHTim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tolitoli mulai membuka pendaftaran calon anggota KPU Kabupaten Tolitoli periode 2013-2018 awal pekan ini terhitung mulai 28 Mei hingga 1 juni 2013. Dalam seleksi ini ada sejumlah tahapan akan dilaksanakan diantaranta tahapan seleksi administrasi dan tahapan seleksi calon. Demikian dikatakan oleh Ketua tim seleksi KPU Kabupaten Tolitoli, Helmi Alatas kepada wartawan.

Helmi mengatakan,dengan dibukanya pendaftaran tersebut,maka tahapan seleksi keanggotaan KPU Kabupaten Tolitoli sudah dimulai dan dalam seleksi ini ada sejumlah tahapan akan dilaksanakan diantaranta tahapan seleksi administrasi dan tahapan seleksi calon.Dijelaskan proses tahapan seleksi KPU Kabupaten Tolitolidiawali dengan penerimaan pendaftaran di sekretarian tim seleksi KPU Tolitoli Jl.Sultan Hasanuddin Kec.Baolan.Kemudian seleksi administrasi pada 2 juni 2013 dan dilanjutkan dengan seleksi tertulispada 5 juni,seleksi kesehatan pada 6 juni,tes psikologi pada 9-11 juni dan seleksi wawancara pada 16 juni 2013.

Ia juga mengatakan, meskipun waktu yang tersedia bagi tim seleksi KPU sangat singkat akan tetapi seleksi tersebut tetap berdasarkan peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2013 tentang seleksi anggota Komisi Pemilihan Umum provinsi dan kabupaten/kota yang penjaringannya dilakukan secara transparan dan terbuka,mengacu pada asas-asas yang sudah ditetapkan dalam aturan seleksi KPU,yakni proporsional,mandiri,kepastian hukum, akuntabilitas, jujur, adil, tertib penyelenggaraan pemilu kepentingan umum,keterbukaan,efisiensi dan efektifitas demi terwujudnya demokrasi yang sesuai harapan seluruh pihak.

“Saya kira kalau persoalan waktu itu tidak menjadi hambatan melahirkan calon anggota KPU yang baik,netral dan kapabel. Karena persoalan buakn pada waktu,persoalan pada bagaimana kita bekerja dalam melahirkan calon anggota KPU yang kredibel, ”jelas Helmi.

Ditambahkannya,seluruh tahapan dari proses seleksi ini dapat berjalan dengan baik,bila ada dukungan dari masyarakat dan media massa sehingga diharapkan masyarakat dan media massa bisa memberikan masukan terhadap calon-calon yang telah melalui tahapan tersebut demi menciptakan komisioner KPU yang kapabel,berkualitas dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemilu kedepan.
(M. Tahir/Muh. Munir-PM)

Artikel Lainnya

Berikan Komentar Anda:

Leave a Comment